PERBEDAANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW,QUANTUM TEACHING, DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP NEGERI 24 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Yuliani, Safar. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Quantum Teaching, dan Pembelajaran Langsung di Kelas VIII SMP Negeri 24 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Azainil, M. Si dan (2) Drs. Muh. Ugiarto, M. Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Quantum Teaching, dan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 24 Samarinda tahun ajaran 2015/2016.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Posttest-Only Control Group Design. Penentuan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIE(kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw), kelas VIIIC(kelas eksperimen dengan Quantum Teaching), dan kelas VIIIA(kelas kontrol dengan pembelajaran langsung). Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif (rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum) dan statistika inferensial (uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata). Taraf signifikan pengujian yang digunakan adalah α=0,05. Analisis data dilakukan untuk ketiga kelas dengan bantuan program SPSS 21.0.
Berdasarkan uji normalitas menggunakan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov diperoleh p=0,762 untuk VIIIE, p=0,987 untuk VIIIC, dan p=0,415 untuk VIIIA. Karena nilai signifikansi lebih dari α maka data ketiga kelas tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji Homogenitas menggunakan uji Levene’s, diperoleh p=0,722 (p>α) sehingga ketiga kelompok berasal dari populasi dengan variansi yang homogen. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata menggunakan uji Anova satu arah diperoleh p=0,005 (pα) yang menunjukkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Quantum Teaching tidak berbeda nyata. Diperoleh p=0,043 (p
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW,QUANTUM TEACHING, DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP NEGERI 24 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | SAFAR YULIANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY