Detail Cantuman Kembali
FAISAL RIZAL - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA)DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014 (MATERI LISTRIK DINAMIS)

ABSTRAK
Faisal Rizal, 2014 : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Soetopo, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Drs. M. Yunus, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA), yaitu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam mengulang materi pelajaran yang telah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA)terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2013/2014, (2)pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2013/2014, (3)pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Samarinda pada siswa kelas X-A yang berjumlah 38 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda dengan sampel kelas X-A.
Untuk memperoleh data penilaian siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA)dan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar diperoloeh dari post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA)berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa. Ditunjukkan dengan nilai F hitung >F (38,99 > 4,11), taraf signifikansi a = 0,05 dan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,5184 atau 51,84%. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa. Ditunjukkan dengan nilai F hitung >F table table (16,40 > 4,11), taraf signifikansi a = 0,05, dan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,3136 atau 31,36%. Model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Ditunjukkan dengan nilai F iii hitung >F (23,19 > 5,29), taraf signifikansi a = 0,05, dan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,5776 atau 57,76%. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar fisika.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA)DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014 (MATERI LISTRIK DINAMIS)
Pengarang FAISAL RIZAL - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua