Detail Cantuman Kembali
JANIYAR YASRI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X IPA-2 SMA NEGERI 4 PPU (Materi Elastisitas Zat Padat)

ABSTRAK
Janiyar Yasri, 2015. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas X IPA-2 SMA Negeri 4 Penajam Paser Utara Tahun Ajaran 2014/2015 (Materi Elastisitas Zat Padat).
Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Dr. Zeni Haryanto, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Laili Komariyah, M.Si selaku pembimbing II.
Pemahaman siswa dalam belajar fisika perlu ditingkatkan demi tercapainya mutu pendidikan yang berkualitas. Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang
menyajikan masalah sehingga merangsang siswa untuk belajar, bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Masalah ini digunakan
untuk mengikat siswa pada rasa ingin tahu pada pembelajaran yang dimaksud. Penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X IPA-2 di SMA Negeri 4 Penajam Paser Utara materi elastisitas zat padat tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Penajam Paser Utara dengan objek penelitian siswa kelas X IPA-2 sebanyak 33 orang siswa. Berdasarkan penelitian dan analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 16 % dibanding nilai pree tes yaitu dari nilai rata-rata kelas 52,3 menjadi 60,4 pada siklus I, kemudian untuk siklus II terjadi peningkatan sebesar 27 % dibanding nilai silus I yaitu dari rata-rata kelas siklus I sebesar 60,4 menjadi 76,8 pada siklus II. Selain peningkatan rata-rata nilai hasil belajar juga terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu dari nilai pree tes sebanyak 6,06% atau 2 siswa menjadi
sebanyak 48,48% atau 16 siswa pada siklus I, kemudian meningkat sebesar 78,78% atau
26 siswa mencapai nilai =75 pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran berbasis masalah tepat digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya materi elastisitas zat padat.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X IPA-2 SMA NEGERI 4 PPU (Materi Elastisitas Zat Padat)
Pengarang JANIYAR YASRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua