Detail Cantuman Kembali

PENERAPAN TIME AND MATERIAL PRICING METHOD DALAM PENENTUAN HARGA JUAL JASA REPARASI PADA CV POWER TERPADU INDAH DI SAMARINDA

RINGKASAN

Nurasmi Rhinda Permatasari, 2007. Penerapan Time and Material Pricing Method Dalam Penentuan Harga Jual Jasa Reparasi Pada CV. Power Terpadu Indah Di Samarinda. Dibawah bimbingan Ibu Siti Masyithoh dan BapakIskandar.
CV Power Terpadu Indah adalah perusahaan swasta yang melayani jasa reparasi (service) dan penjualan komponen komputer (spare-parts) sebagai pelengkap penyerahan jasa kepada pelanggan. Di perusahaan ini, harga jual service ditentukan berdasarkan harga pasar sedangkan harga jual spare-parts dengan menambahkan harga beli dengan persentase laba yang diinginkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan harga jualjasa reparasi dan suku cadang menurut perusahaan dan menurut time and material pricing method. Dengan demikian maka perusahaan dapat menggunakannya sebagai gambaran dan kemungkinan alternatif dalam penentuan harga jual yang wajar.
Hipotesis yang dikemukakan adalah ā€¯diduga penentuan harga jual jasa reparasi dan komponen komputer yang ditetapkan perusahaan lebih tinggi dariharga jual menurut time and material pricing method.
Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara pengambilan data secaralangsung ke CV Power Terpadu Indah di Samarinda dengan objek data harga jualyang ditetapkan perusahaan sejak Januari 2007, data anggaran biaya tahun 2007dan data penjualan perusahaan tahun 2006. Sebelum memperhitungkan harga jualmenurut time and material pricing method, anggaran perusahaan terlebih dahuludialokasikan pada masing-masing divisi service, spare-parts dan divisi salesberdasarkan persentase pendapatan perusahaan.
Analisis data dilakukan dengan metode komparatif yaitu dengan caramembandingkan harga jual menurut perusahaan dan harga jual menurut konsepakuntansi serta pengalokasian biaya bersama.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, makaditunjukkan bahwa harga jual service adalah sebesar Rp 30.000,00 untukpenggantian suku cadang memory dan Rp 25.000,00 untuk penggantian sukucadang hard-disc, harga ini lebih rendah dibanding harga jual perusahaan yakniRp 50.000,00 untuk semua jenis service komputer. Sedangkan harga jual sparepart menurut metode time and material adalah sebesar Rp 572.000,00 untuk suku cadang
Memory dan Rp 546.000,00 untuk suku cadang hard-disc, harga ini lebih tinggi dibanding harga jual perusahaan yakni Rp 550.000,00 untuk memory dan Rp 525.000,00 untuk hard-disc.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan untuk harga jual jasa reparasi (service) diterima, sementara hipotesis untuk harga jual suku cadang (spare-parts) ditolak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN TIME AND MATERIAL PRICING METHOD DALAM PENENTUAN HARGA JUAL JASA REPARASI PADA CV POWER TERPADU INDAH DI SAMARINDA
Pengarang NURASMI RHINDA PERMATASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2007
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua