Pengaruh Faktor Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda
ABSTRAK
Mohammad Riduansyah. 2008, Pengaruh Faktor Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Sukisno S. Riadi dan Bapak Purwadi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variable kepemimpinan yang terdiri dari kemampuan, kepribadian, pengalaman, intelektual, dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda dan untuk mengetahui salah satu variabel kepemimpinan yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja Guru pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga bahwa variabelkepemimpinan yang terdiri dari kemampuan, kepribadian, pengalaman, intelektual, dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda dandiduga bahwa variabel intelektual memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja Guru pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda.
Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = 0,656 + 0,193 X+ 0,165 X + 0,117 X + 0,152 X+ 0,168 X , dari analisis diperoleh nilai koefisien regresi adalah positif.
Nilai analisis korelasi (R) sebesar 0,916, artinya bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dari variabel bebas (X) yang terdiri dari kemampuan,kepribadian, pengalaman, intelektual, dan lingkungan kerja terhadap variabeltidak bebas (Y) yaitu kinerja Guru, sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar0,839 atau 83,9%, memberikan arti bahwa variabel kinerja Guru dapat dijelaskanoleh variabel bebas (X) yang terdiri dari kemampuan, kepribadian, pengalaman,intelektual, dan lingkungan kerja sebesar 83,9% dan sisanya sebesar 16,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat didalam penelitian ini.
Nilai F hitung sebesar 19,757 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (a 5%), sedangkan F tabel sebesar 2,7401 (df; 5, 19), jadi F hitung > F table (19,757 > 2,7401), artinya variabel bebas (X) yang terdiri dari kemampuan, kepribadian, pengalaman, intelektual, dan lingkungan kerja secara bersama-samaberpengaruh signifikan terhadap variabel tidak bebas (Y) kinerja Guru.
Dari pengujian parsial tersebut disimpulkan bahwa variabel intelektual (X ) berpengaruh dominan terhadap kinerja Guru, hal ini dibuktikan oleh nilai t terbesar yaitu 3,626 > t tabel yaitu 1,6612, dan didukung oleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05 serta standardized coefficient beta terbesar yaitu 0,346.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Faktor Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 017 di Samarinda |
---|---|
Pengarang | Mohammad Riduansyah - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2008 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY