Detail Cantuman Kembali
MIRANTINA - Personal Name

ANALISIS LABA KOTOR PENJUALAN OKSIGEN PADA CV CITRA UTAMA DI KAB BULUNGAN

RINGKASAN
Mirantina, 2010. Analisis Laba Kotor Penjualan Oksigen pada CV Citra Utama di Kabupaten Bulungan. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Rusdiah Iskandar, Dra, M.Si, Ak dan Ibu Hj. Isna Yuningsih, SE, MM, Ak. CV Citra Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha penjualan sebagai distributor gas oksigen untuk wilayah Bulungan dan sekitarnya.
Adapun permasalahan yang diangkat adalah: Apakah yang menyebabkan terjadinya perubahan kenaikan laba kotor penjualan oksigen pada CV Citra Utama di Kabupaten Bulungan pada tahun 2007 dan 2008.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya perubahan labakotor serta membandingkan laba yang diperoleh dari satu periode dengan periodeberikutnya. Sedangkan kegunaan penelitian adalah sebagai bahan informasi danpertimbangan bagi pihak manajemen perusahaan maupun bagi para penelitilainnya.
Hasil pengamatan peneliti berpendapat bahwa diduga perubahan laba kotoryang terjadi pada CV Citra Utama di Kabupaten Bulungan pada tahun 2007 dan2008 disebabkan oleh perubahan harga jual, harga pokok penjualan, dan volumepenjualan.
Dalam menganalisis data digunakan metode komparatif yaitu: membandingkan laporan keuangan tahun dasar dengan laporan keuangan tahunberikutnya serta menggunakan alat analisis perhitungan perubahan harga jual,perubahan kuantitas produk yang dijual, perubahan harga pokok penjualan, danperubahan kuantitas harga pokok.
Setelah dilakukan penelitian dan data yang diperoleh diolah, terdapatperbedaan laba kotor yang dihasilkan oleh CV Citra Utama tahun 2007 dan 2008adalah sebesar Rp8.840.000,-. Adapun yang menjadi penyebab dari adanyaperbedaan antara laba kotor tahun 2007 dan 2008 adalah actor harga jualmengalami kenaikan sebesar Rp16.420.000,- dan actor kuantitas penjualanmengalami kenaikan sebesar Rp1.080.000,- dan actor kuantitas harga pokokpenjualan mengalami peningkatan sebesar Rp690.000,-. Berdasarkan uraian diatas dimana perubahan laba kotor untuk tahun 2007 dan 2008 ternyatadipengaruhi oleh adanya perubahan harga jual dan volume penjualan makahipotesis diterima.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS LABA KOTOR PENJUALAN OKSIGEN PADA CV CITRA UTAMA DI KAB BULUNGAN
Pengarang MIRANTINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua