Detail Cantuman Kembali
SYARIFAH SABARIAH - Personal Name

IMPLEMENTASI USAID’S HEALTH SERVICES PROGRAM UNTUK MENGATASI PENYAKIT MALARIA DI KABUPATEN MIMIKA TAHUN 2010-2014

ABSTRAK

Syarifah Sabariah, NIM. 08.020.45241, Judul Skripsi Implementasi USAID’s Health Service Program untuk Mengatasi Penyakit Malaria di Kabupaten Mimika Tahun 2010–2014 dibawah bimbingan Aisyah, S.IP, MA selaku Pembimbing I dan Yuniarti, S.IP, M.Si selaku Pembimbing II, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman tahun 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi USAID’s Health Service Program dalam mengatasi penyakit malaria di Kabupaten Mimika. Program ini difokuskan di satu tempat di provinsi Papua, yakni di Kabupaten Mimika. Jenis data dalam penelitian menggunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah Library Research. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori dalam penelitian ini membahas tentang kondisi kesehatan masyarakat di Papua serta hubungan kerjasama USAID dengan pemerintah Papua dalam menangani penyakit malaria khususnya di Kabupaten Mimika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun implementasi USAID’s Health Service Program sudah dilakukan untuk mengatasi kasus penyakit malaria di Kabupaten Mimika masih terbilang tinggi dan penyebabnya dikarenakan kurangnya ketersediaan tenaga dokter di wilayah tersebut, serta lambatnya pengiriman bantuan obat-obatan dari pusat sehingga seringnya terjadi kekurangan pasokan obat-obatan di puskesmas dan Rumah Sakit setempat dan adanya faktor genetik bahwa penduduk di daerah tersebut secara genetis memiliki variasi reseptor yang lebih beragam sehingga memberi celah bagi parasit plasmodium penyebab malaria untuk masuk. Sejauh ini program yang telah dijalankan di kabupaten mimika tidak signifikan dan masih kurang efisien.



Kata kunci : Penyakit Malaria, Mimika, USAID

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI USAID’S HEALTH SERVICES PROGRAM UNTUK MENGATASI PENYAKIT MALARIA DI KABUPATEN MIMIKA TAHUN 2010-2014
Pengarang SYARIFAH SABARIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua