Detail Cantuman Kembali
Linda Susanti - Personal Name

Analisis penentuan tarif kamar perawatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie di Samarinda

ABSTRAK
Linda Susanti. 2008, Analisis penentuan tarif kamar perawatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie di Samarinda (di bawah bimbingan Dosen Pembimbing I Ibu Siti Masyithoh dan Dosen Pembimbing II Ibu Ledy Setiawati). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah tarif kamar perawatan ruang teratai yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah AbdulWahab Syahranie lebih tinggi dibandingkan dengan tarif kamar perawatan ruangteratai berdasarkan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur yangdiperhitungkan dalam penentuan tarif kamar perawatan ruang teratai pada RumahSakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie dan untuk mengetahuiperbandingan antara penentuan tarif kamar perawatan yang ditetapkan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie dan tarif kamar perawatan berdasarkan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing.
Alat analisis yang digunakan adalah metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing. Hipotesis diterima apabila tarif kamar perawatan ruangteratai yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranielebih tinggi dibandingkan dengan tarif kamar perawatan ruang teratai berdasarkanmetode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing. Sebaliknya apabila tarifkamar perawatan ruang teratai yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Umum DaerahAbdul Wahab Syahranie lebih rendah dibandingkan dengan tarif kamar perawatanruang teratai berdasarkan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing, maka hipotesis ditolak.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan tarif kamar perawatan antara yang ditetapkan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul WahabSyahranie di Samarinda dengan tarif kamar perawatan berdasarkan metode costplus pricing dengan pendekatan full costing.
Tarif kamar perawatan berdasarkan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing pada tahun 2008 untuk jenis kamar perawatan bungalowadalah Rp883.928,62, untuk jenis kamar perawatan teratai 1 adalah Rp332.733,87, untuk jenis kamar perawatan teratai 2 adalah Rp549.743,52, untuk jenis kamar perawatan teratai 3 adalah Rp332.939,21 dan untuk jenis kamar perawatan teratai 4 adalah Rp149.196,14.
Jumlah selisih tarif kamar perawatan ruang teratai yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie dengan tarif kamar perawatan ruang teratai berdasarkan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing pada tahun 2008 untuk jenis kamar perawatan bungalow adalah Rp233.928,62, untuk jenis kamar perawatan teratai 1 adalah -Rp13.212,86, untuk jenis kamar perawatan teratai 2 adalah -Rp99.743,52, untuk jenis kamar perawatan teratai 3 adalah -Rp12.939,21 dan untuk jenis kamar perawatan teratai 4 adalah Rp60.803,86.
Hipotesis penulis dalam hal ini ditolak karena tarif kamar perawatan ruang teratai yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie lebih rendah dibandingkan dengan tarif kamar perawatan ruang teratai berdasarkan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis penentuan tarif kamar perawatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie di Samarinda
Pengarang Linda Susanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua