ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMA NEGERI 9 SAMARINDA
ABSTRAK
Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir menyebar (divergen) yang berusaha melihat berbagai dimensi yang beragam atau bahkan bertentangan menjadi suatu pemikiran baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 9 Samarinda pada pokok bahasan larutan Elektrolit dan Non Elektrolit melalui Pendekatan pembelajaran Scientific.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 9 Samarinda yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis di setiap akhir pertemuan selama dua kali pertemuan. Hasil jawaban siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif dan selanjutnya ditentukan nilai rata-rata secara keseluruhan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan influency siswa sebesar 52.45 termasuk kategori cukup, kemampuan flexibelity siswa sebesar 60.29 termasuk kategori cukup, kemampuan originalitas siswa sebesar 65.44 termasuk kategori baik, kemampuan elaborate siswa sebesar 74.02 termasuk kategori baik dan kemampuan evaluate siswa sebesar 60.29 termasuk kategori cukup. Secara keseluruhan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 62.50 termasuk kategori baik.
Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kreatif, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Pendekatan Pembelajaran Scientific.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMA NEGERI 9 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | FIKRI TRI FACHRYAN DHARMA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY