Detail Cantuman Kembali
Ika Yuliana - Personal Name

PENERAPAN FUNGSIONAL AUDIT DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PRODUKSI PADA PT SYAM SURYA MANDIRI KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

RINGKASAN
Ika Yuliana. Penerapan Fungsional Audit Dalam Menilai Efektiviats dan Efisiensi Bagian Produksi Pada PT Syam Surya Mandiri Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara (di bawah bimbingan Bapak Yunus Tete Konde,SE.,M.Si.,Ak dan Bapak Agus Iwan Kesuma, SE.,MA).
Penelitian ini mengambil objek pada PT Syam Surya Mandiri yang selalu melakukan kegiatan produksi setiap harinya. Pt Syam Surya mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembekuan udang yang kegiatannya adalah memebeli bahan baku kegiatannya adalah membeli bahan baku, mengolah bahan baku, menyimpan produk sebelum dibuat, kemudian menjual produk jadi yang dihasilkan. Dalam operasinya perusahaan beroperasi secara kontinyu, mengelola sumber daya yang dimiliki baik berupa kekayaan, tenaga kerja dan fasilitas lainnya secara efektif dan efisien. Faktor-faktor ini dikalkulasikan dengan optimal
dalam pengembangan usaha pembekuan udang. Manajemen perusahaan mempunyai ruang lingkup yang terdiri dari merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan serta mengawasi kegiatan produksi agar diperoleh hasil produksi yang sesuai dengan tujuan dari perusahaan. PT. Syam Surya Mandiri mempunyai lokasi pabrik yang sangat strategis karena mencakup satu area mulai dari kantor pegawai, ruang proses produksi yang didesain khusus, laboratorium, tempat produksi es balok, gudang tempat penyimpanan, ruang teknisi, sampai proses akhir pengemasan yang dilakukan dalam satu tempat yang sudah disusun sesuai dengan fungsinya masing-masing, hal ini dilakukan agar proses produksi berjalan secara efektif.
Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah sumber daya yang dimiliki perusahaan digunakan secara efektif dan efisien, serta membandingkan hasil penelitian dengan kegiatan dilapangan apakah kebijakan yang dibuat oleh pihak manajemen telah dipatuhi dalam proses produksi. Selaras dengan tujuannya, maka penulis menggunakan alat analisis selisih dan kualitatif yaitu membandingkan biaya anggaran dan kebijakan – kebijakan produksi dengan hasil yang terjadi dilapangan.
Berdasarkan pemaparan diatas, penulis membuat dugaan sementara bahwa proses produksi di PT Syam Surya Mandiri telah berjalan secara efektif dan efisien.
Hasil penelitian menunjukkan adanya selisih keuntungan terhadap biaya yang digunakan meliputi biaya bahan baku Rp 22.000.000. Biaya tenaga kerja Rp 1.872.000, dan biaya overhead pabrik Rp 36.363.000. kebijakan yang telah ditetapkan ditaati oleh bagian produksi agar proses produksi berjalan secara efektif dan efisien.
Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis penulis diterima bahwa proses produksi yang dilakukan bagian produksi telah berjalan secara efektif dan efisien.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN FUNGSIONAL AUDIT DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PRODUKSI PADA PT SYAM SURYA MANDIRI KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Ika Yuliana - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua