Detail Cantuman Kembali
HENDRINA AMANDA - Personal Name

ANALISIS TEORI ANTRIAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH FASILITAS PELAYANAN OPTIMAL PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) No. 61.751.01 JALAN KESUMA BANGSA DI SAMARINDA

ABSTRAK
Hendrina Amanda, 2009, Analisis Teori Antrian Untuk Menentukan Jumlah Fasilitas Pelayanan Optimal Pada SPBU No.61.751.01 Jalan Kesuma Bangsa Samarinda (di bawah bimbingan Ibu Prof. Dra. Hj. Rusmilawati IM, Msi dan Ibu Hj.Rahmawati, SE. MM).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penggunaan waktu pelayanan pengisian bahan bakar premium dan pertamax khusus kendaraan roda dua pada SPBU No.61.751.01 Jalan Kesuma Bangsa Samarinda denganmenerapkan teori antrian.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan diketahui bahwa penggunaan waktu fasilitas pelayanan pengisian bahan bakar kendaraan bermotor roda dua pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum(SPBU) Jalan Kesuma Bangsa Samarinda belum optimal. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teori antrian Multichannel – Single Phase terbukti pelayanan pengisian bahan bakar premium dan pertamax belum optimal karena tingkat kendaraan yang antri dan tingkat rata-rata pelayanan lebih besar di bandingkan rata-rata waktu kendaraan menunggu dalam antrian danrata-rata waktu menunggu dalam sistem yaitu kendaraan yang antri dan yang sedang di layani.
Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian adalah (λ) 239 kendaraan/jam atau 15,06 detik/kendaraan lebih besar dari waktu rata-rata kendaraan menunggu dalam antrian yaitu ( ) 6,05 detik. Tingkat rata-rata pelayanan adalah (µ) 133 kendaraan/jam atau 27,06 detik/kendaraan lebih cepat dari rata-rata waktu menunggu dalam sistem yaitu kendaraan yang antri dan yang sedang dilayani yaitu ( ) 33,04 detik/kendaraan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TEORI ANTRIAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH FASILITAS PELAYANAN OPTIMAL PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) No. 61.751.01 JALAN KESUMA BANGSA DI SAMARINDA
Pengarang HENDRINA AMANDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua