Detail Cantuman Kembali
Elva Eriani - Personal Name

PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KOTA SAMARINDA


Elva Eriani. Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Pada Kota Samarinda. Dibimbing oleh :Drs. Lewi Malisan, M.Si dan Salmah Pattisahusiwa, SE., M.Si., Ak.
Otonomi daerah menuntut Pemerintah Daerah untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat.Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah memberikan informasi keuangan yang transparan dan akuntabel.Salah satu faktor yang berpotensi dalam mempengaruhi baik buruknya kualitas laporan keuangan adalah penerapan sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana.
Hasil Uji F dan Uji T pada BPKAD Kota Samarinda untuk menganalisis pengaruh variabel menunjukkan persamaan regresi Y = 12,034 + 0,642 X. Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antar variabel dengan nilai siginifikansi (0,000) < 0,05. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan hasil yang sama yaitu terdapat pengaruh antar variabel dengan nilai siginifikansi (0,000) < 0,05. Kemudian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai 0,743 menunjukkan hubungan yang kuat antara sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan hasil Uji F dan Uji T Inspektorat Daerah Kota Samarinda untuk menganalisis pengaruh variabel menunjukkan persamaan regresi Y = 22,385 + 0,375 X. Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antar variabel dengan nilai siginifikansi (0,100) > 0,05. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan hasil yang sama yaitu tidak terdapat pengaruh antar variabel dengan nilai siginifikansi (0,100) > 0,05. Kemudian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai 0,457 menunjukkan hubungan yang cukup atau sedang antara sistem akuntansi keuangan pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA KOTA SAMARINDA
Pengarang Elva Eriani - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua