Detail Cantuman Kembali
Hajrah - Personal Name

ANALISIS TOKOH DALAM NOVEL “99 CAHAYA DI LANGIT EROPA” KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita. Novel adalah tulisan berupa karangan prosa yang panjang dan menceritakan sebuah kisah yang disertai konflik dengan tokoh melalui sudut pandang pengarang dengan uraian yang luas. Psikologi merupakan suatu ilmu yang menyelidiki serta mempelajari tentang semua tingkah laku dan perbuatan individu, dimana individu tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya. Psikologi secara sempit dapat diartikan sebagai ilmu tentang jiwa. Sedangkan sastra adalah ilmu tentang karya seni merupakan ilmu yang mengkaji karya sastra dari sudut pandang kejiwaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis tokoh dan mendeskripsikan gambaran psikologi tokoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara tepat sifat-sifat suatu individu.
Berdasarkan penyajian data dan analisis data, tokoh-tokoh dalam Novel “99 Cahaya Dilangit Eropa” Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra diklasifikasikan berdasarkan jenis tokohdan gambaran psikologi tokoh. Jenis tokoh yaitu : Tokoh utama Hanum dan Rangga. Tokoh tambahan Imam Hashim dan Natalie Deewan. Tokoh protagonis Fatma, Marion Latimer, Gomes, Hasan dan Sergio. Tokoh antagonis Stefan. Tokoh tipikal Hanum. Tokoh netral Hanum. Tokoh sederhana Ayse dan Selim. Tokoh bulat Stefan. Tokoh statis Fatma. Tokoh berkembang Stefan. Gambaran psikologi tokoh dilihat dari sifat berupa pelaku yang tampak, pelaku tidak tampak dan baik hati tokoh, Hanum. Emosi berupa amarah, kesal hati, sedih, gelisah, bahagia, senang, terkejut, kaget, kehilangan, kecewa, menyesal dan rasa sayang tokoh, Rangga, Hanum, Fatma. Kondisi fisik berupa jenis kelamin dan umur tokoh Fatma, Marion Latimer, Latife, Oznur, Ezra, Gomes, Sergio, dan Hassan.
Kata Kunci:Novel, Tokoh, Psokologi Sastra

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TOKOH DALAM NOVEL “99 CAHAYA DI LANGIT EROPA” KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)
Pengarang Hajrah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua