Detail Cantuman Kembali

PENGARUH KREATIVITAS DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016

Abstrak
Penelitian dilaksanakan pada semester 1 bulan November 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Perlakuan diberikan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan menyediakan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan diberi perlakuan model pembelajaran langsung.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda dengan total 399 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 5 kelas yang terdiri dari 180 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk memperoleh data kreativitas dan angket untuk memperoleh data interaksi sosial, serta tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum mengadakan penelitian, angket dan tes diujicobakan pada salah satu kelas yang bukan merupakan sampel, yaitu kelas VIII F siswa SMP Negeri 22 Samarinda.
Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji analisis varians (anova) tiga arah, untuk model pembelajaran diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 22,779 > 3,91. Untuk kreativitas diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,730 > 3,06. Untuk interaksi sosial diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 25,706 > 3,06. Untuk interaksi model pembelajaran dan kreativitas diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 4,697 > 3,06. Untuk interaksi model pembelajaran dan interaksi sosial diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 8,536 > 3,06. Untuk interaksi kreativitas dan interaksi sosial diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 2,778 > 2,44 dan untuk interaksi model pembelajaran, kreativitas dan interaksi sosial diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 2,872 > 2,44. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi, sedang dan rendah, (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki interaksi sosial baik, sedang dan buruk dan (4) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa, (5) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa, (6) terdapat pengaruh interaksi kreativitas dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa dan (7) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran, kreativitas dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Samarinda tahun ajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KREATIVITAS DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang KHAIRUNNISA NURIMANITAWAHDAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua