Detail Cantuman Kembali
ANGGI RACHMAN - Personal Name

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU) SERTA BAGI HASIL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR

RINGKASAN
Anggi Rachman. 2009, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) serta Bagi Hasil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Timur (dibawah bimbingan Bapak Priyagus dan Ibu Arfiah Busari).
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) serta Bagi Hasil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Timur dan mengetahui variabel mana yang berpengaruh signifikan.
Penelitian telah dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data yang berhubungan dengan judul penelitian ini, termasuk data mengenai Pertumbuhan ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) serta Bagi Hasil Kalimantan Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder yang bersifat kuantitatif, dari tahun 2001 sampai dengan 2007 dari berbagai sumber dan instansi terkait.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh antara 3 variabel. Maka diperoleh persamaannya ialah ; Y = 4.156 – 0.003 X + 0.004 X Dan nilai keeratan hubungan di antara 3 variabel ini cukup besar, ini ditunjukkan dengan nilai korelasi r = 0,923. Untuk mengukur derajat kecocokan/ketepatan (Goodness of Fit) variabel X dan X terhadap variabel Y didapat R = 0,852, artinya variabel X dan X mempengaruhi variabel Y sebesar 85,2 %, sedangkan sisanya sebesar 14,8 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Kemudian untuk menguji koefisien regresi secara menyeluruh digunakan uji “F” dengan tingkat kepercayaan 90%. Hasilnya adalah, PAD dan DAU serta bagi hasil secara bersama-sama berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur, ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,022) lebih kecil dari taraf signifikansi (0,10), sehingga Ho ditolak dan H diterima.
Untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, digunakan uji t. Hasilnya adalah, PAD dan DAU tidak dominan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur, ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,255) lebih besar dari taraf signifikansi (0,05). Variabel yang signifikan mempunyai pengaruh nyata terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur ialah bagi hasil, ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,030) lebih kecil dari taraf signifikansi (0.05).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU) SERTA BAGI HASIL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang ANGGI RACHMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua