Detail Cantuman Kembali
NUR FITRIANI - Personal Name

STUDI TENTANG KEMANDIRIAN PEMBIAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WONOREJO TAHUN 2009

ABSTRAK
Nur Fitriani
(Studi Tentang Kemandirian Pembiayaan Kesehatan Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Wonorejo Tahun 2009. Dosen PembimbingI Ike Anggraini,SKM,M.Kes, Dosen Pembimbing II Subirman,SKM)
Samarinda sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Timur pada tahun2009 kembali elanjutkan program kesehatan gratis dengan nama Asuransi Kesehatan Masyarakat Samarinda (AsMARA). PuskesmasWonorejo merupakan satu dari semua puskesmas di Samarinda yang menjalankan program tersebut. Program ini sangat tidak sesuai dengan Perda No. 20 tahun 2008 bahwa pengalokasian dana dihimpun dandilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.
Tujuan penelitian untuk mengetahui besar kemampuan dankemauan membayar pembiayaan kesehatan serta sikap dan pengetahuan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Wonorejo Tahun 2009. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan Metode Survey Cepat (Rapid Survey Method) dengan jumlah sampel 210 responden.
Hasil menunjukkan bahwa nilai ATP (Ability To Pay) lebih besar dari pada nilai WTP (Willingness To Pay) adalah Rp. 77.222 > Rp. 60.000 yang berarti kemampuan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Wonorejo lebih besar di banding kemauannya. Sebesar 87% responden memilki sikap kurang dan Sebesar 53% responden memilki tingkat pengetahuan kurang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG KEMANDIRIAN PEMBIAYAAN KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WONOREJO TAHUN 2009
Pengarang NUR FITRIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua