Detail Cantuman Kembali
ABDUL RAHIM - Personal Name

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PENDERITA TB – PARU BTA POSITIF DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN PENGOBATAN DI KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASERTAHUN 2009

ABSTRAK
Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penderita TB – Paru BTA Positif Dengan Tingkat Keberhasilan Pengobatan di Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser Tahun 2009. (Dibimbing oleh Bapak Drs.Ismail AB, M.Kes dan Ibu Ike Anggraeni, SKM, M.Kes selaku Pembimbing I dan II)
Penyakit TB – Paru sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia. Untuk menunjang keberhasilan pengobatan penyakit TB – Paru tersebut Pemerintah menggunakan strategi DOTS selama 6 – 8 bulan yang dilaksanakan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Pada tahun 2007 Kecamatan Kuaro merupakan Kecamatan diKabupaten Paser yang tertinggi dalam penemuan kasus TB – Paru dengan BTA positif. Akan tetapi angka kesembuhannya (keberhasilan pengobatan) yang merupakan salah satu obyek penting dalam Program pemberantasan penyakit TB – Paru hanya mencapai 77,14 %. Angka tersebut masih di bawah dari standar minimal angka kesembuhan Nasional sebesar 85 %. Hal tersebut penting untuk di perbaiki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku penderita TB – Paru BTA positif dengan tingkat keberhasilan pengobatan di Kecamatan Kuaro. Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional.
Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 38 penderita TB – Paru BTA Positif (total sampling), sedangkan penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2009.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan bermakna antara pengetahuan (p= 0,016), sikap (p = 0,007) dan perilaku (p= 0,0001) penderita TB – Paru BTA positif dengan tingkat keberhasilan pengobatan di Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan hasil penelitian diatas adalah mengintensifkan kegiatan penyuluhan, komunikasi, Informasi dan Edukasi terutama tentang penyakit TB – Paru, dampak dan pengobatannya kepada penderita TB – Paru BTA positif dan masyarakat dengan melibatkan juga Tokoh masyarakat dan tokohagama setempat, kader kesehatan dan para Pengawas Minum Obat(PMO), serta peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas untukkemudahan dalam penanggulangan penyakit TB – Paru.
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Tingkat Keberhasilan Pengobatan TB – Paru.
Kepustakaan : 26 (2000 – 2008)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PENDERITA TB – PARU BTA POSITIF DENGAN TINGKAT KEBERHASILAN PENGOBATAN DI KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASERTAHUN 2009
Pengarang ABDUL RAHIM - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua