Detail Cantuman Kembali
Tri Astuti - Personal Name

APLIKASI TERMOKOPEL PADA PROTOTIPE GENERATOR TERMOELEKTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI SURYA SEBAGAI SUMBER PANAS

ABSTRAK
Tri Astuti. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Mulawarman. Aplikasi Termokopel Pada Prototipe Generator Termoelektrik Dengan Menggunakan Energi Surya Sebagai Sumber Panas. (Dibimbing oleh Dadan Hamdani, S.Si, M.Si. danAdrianus Inu Natalisanto, S.Si, M.Si.)
Penelitian yang telah dilakukan adalah merancang dan membuat prototype generator termoelektrik dengan konversi langsung energi panas matahari menjadi energi listrik berdasarkan hukum termoelektrik.
Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu merancang dan membangun tandonpanas dan kotak perangkat, kemudian menata lensa dalam posisi yang bersesuaian dengan kedua alat tersebut. Tahap kedua adalah melakukan uji stabilitas keluaran sistem dan uji efisiensi termokopel. Prototipe generator termoelektrik yang telah dikembangkan adalah menggunakan empat buah termokopel tipe K yang dikombinasikan secara seri dan menggunakan energi surya sebagai sumber panas. Unjuk kerja sistem tersebut memberikan hasil yang signifikan pada suhu suhu efektif 60 C (333 K) yang ditunjukkan oleh ZT, yaitu: 1,268, serta tegangan, arus, daya dan efisiensi dari kombinasi empat termokopel tersebut berturut-turut adalah 2,7 mV, 5,3 mA, 7,2 Watt dan 6,5 %.
Kata Kunci: Generator, Termoelektrik, Termokopel, efisiensi, ZT.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul APLIKASI TERMOKOPEL PADA PROTOTIPE GENERATOR TERMOELEKTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI SURYA SEBAGAI SUMBER PANAS
Pengarang Tri Astuti - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2007
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua