Detail Cantuman Kembali
Rico Ramadhan - Personal Name

Studi Sintesis Metil Ester Alginat Dari Rumput Laut (Turbinaria sp) Dalam Pemanfaatannya Sebagai Stabilizer Makanan

ABSTRAK

Metil ester alginat dapat disintesis dengan cara esterifikasi asam alginate yang diperoleh dari ekstraksi rumput laut (Turbinaria sp) dengan proses refluksdengan metanol (CH OH) menggunakan bantuan katalis asam sulfat (H) untuk menghasilkan senyawa metil ester alginat. Terbentuknya senyawa asam alginat dan metil ester alginat dikonfirmasikan melalui analisis spektroskopi FT-IR.
Penelitian ini juga untuk melihat kenaikan stabilitas senyawa asam alginate dan metil ester alginat dengan melakukan pengamatan terhadap keasaman (pH), kadar logam berat (Pb), stabilitas terhadap suhu, stabilitas terhadap pH dan titik lumer(menit),Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keasaman pada asam alginate sebesar 3,00 dan senyawa metil ester alginat sebesar 4,00. Kandungan logam Pb pada senyawa asam alginat sebesar 0,707 ppm dan pada senyawa metil ester alginat sebesar 0,422 ppm masih dibawah standar yang berlaku. Stabilitas terhadap suhu didapatkan nilai viskositas tertinggi pada suhu 27 C sebesar 21,12 cps. Stabilitas terhadap pH, pada senyawa asam alginat nilai viskositas sebesar 12,35 cps dan senyawa metil ester alginat sebesar 13,00 cps. Titik lumer (menit)digunakan sampel dodol dan es krim sebagai media untuk menguji stabilitas. Titik lumer (menit) es krim sebelum penambahan asam alginat dan metil ester alginate sebesar 11,19 menit dan setelah penambahan asam alginat titik lumer (menit) tertinggi es krim diperoleh pada kuantitas penambahan 1 gram asam alginatdengan waktu lumer 13,38 menit serta pada penambahan metil ester alginat titik lumer (menit) tertinggi es krim sebesar 15,04 menit. Pada dodol titik lumer (menit) sebelum penambahan asam alginat dan metil ester alginat sebesar 34,37 menit dan setelah penambahan asam alginat waktu lumer (menit) tertinggi dodol diperoleh pada penambahan 1 gram asam alginat dengan waktu lumer (menit) 42,29 menit serta penambahan metil ester alginat titik lumer (menit) tertinggi didapatkan pada penambahan 0,75 gram metil ester alginat dengan waktu lumer(menit) sebesar 34,14 menit. Pada penambahan 1 grm metil ester alginat terjadi penurunan waktu lumer hal ini diakibatkan metil ester alginat kehilangan fungsi stabilitasnya.
Kata kunci: asam alginat, metil ester alginat, stabilitas dan viskositas. SO

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Sintesis Metil Ester Alginat Dari Rumput Laut (Turbinaria sp) Dalam Pemanfaatannya Sebagai Stabilizer Makanan
Pengarang Rico Ramadhan - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2007
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua