Detail Cantuman Kembali
RANI RUSLAN - Personal Name

PENDUGAAN MODEL REGRESI POLINOM UNTUK PERAMALAN LAJU INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA KONSUMEN KOTA SAMARINDA TAHUN 2009

ABSTRAK

RANI RUSLAN, “Pendugaan Model Regresi Polinom untuk Peramalan Laju Inflasi terhadap Indeks Harga Konsumen Kota Samarinda Tahun 2009”. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Agus Suhastono, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Suyitno, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing II.
Regresi Polinom adalah regresi linier berganda dengan variabel bebas berbentuk polinom. Regresi polinom terdiri dari beberapa macam, dua diantaranya adalah regresi kuadratik dan regresi kubik. Tujuan dari regresi polinom untuk mengetahui hubungan antara Indeks Harga Konsumen sebagai variabel bebas X dan Laju Inflasi sebagai variabel terikat Y.
Penaksir parameter untuk regresi polinom didasarkan pada metode kuadrat terkecil OLS (Ordinary Least Square) yang diselesaikan dengan metode dekomposisi LU. Adapun persamaan regresi polinom yang menyatakan hubungan (peramalan Jumlah Indeks Harga Kota Samarinda (Y) pada Bulan ke X adalah:
0,001X-0,455X+-139,556 Y untuk regresi kuadratik dan 2,467X-0,002X+0,259X+28,993
Y untuk regresi kubik.
Penentuan persamaan terbaik didasarkan atas terpenuhinya semua asumsi regresi polinom. Dari uji F dan R serta uji asumsi yang telah dilakukan, untuk regresi kuadratik dengan F sebesar 809,058 dan R sebesar 0,979 sedangkan regresi kubik dengan F sebesar 790,910 dan R sebesar 0,978. Berdasarkan nilai uji F dan R maka model yang cocok untuk peramalan Laju Inflasi terhadap Indeks Harga Konsumen Kota Samarinda adalah regresi polinom kuadratik dengan dasar perbandingan nilai F Nilai F dan R dari regresi polinom Kuadratik lebih besar dari regresi polinom Kubik dan nilai R dari regresi polinom kuadratik mendekati 1.
Adapun hasil dari ramalan Laju Inflasi terhadap Indeks Harga Konsumen Kota Samarinda dari Bulan Maret sampai dengan Desember 2009 berturut-turut sebanyak 4,56%, 4,76%,5,02%, 5,28%, 5,53%, 5,78%, 6,03%, 6,27%, 6,50%, dan 6,73%.
Kata Kunci : Regresi, Polinom, Peramalan, Laju Inflasi, Indek Harga Konsumen

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENDUGAAN MODEL REGRESI POLINOM UNTUK PERAMALAN LAJU INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA KONSUMEN KOTA SAMARINDA TAHUN 2009
Pengarang RANI RUSLAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua