Detail Cantuman Kembali
Nurul Hidayah - Personal Name

PENGARUH WAKTU PEREBUSAN TERHADAP KADAR ASAM SIANIDA (HCN) PADA BUAH DARI BUNGA TANJUNG (Mimusops elengi.L)

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh lamanya Waktu Perebusan terhadap Kadar Asam Sianida (HCN) Buah dari Bunga Tanjung (Mimusopselengi.L). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu perebusan terhadap kadar asam sianida (HCN) pada buah dari bunga tanjung (Mimusops elengi.L).
Penelitian ini menggunakan metode Argentometri (Volhard). Buah dari bunga tanjung dibersihkan, ditumbuk lalu direbus, dengan variasi waktu perebusan 0; 1; 2; 3; 4; 5 dan 6 menit. Dari masing-masing waktu perebusan tersebut kemudianditentukan kadar asam sianida (HCN).
Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada buah dari bunga tanjung dengan waktu perebusan beruturut-turut adalah 0; 1; 2; 3; 4; dan 5 menit rata-rata kadar HCN masing-masing : ( 29,5285 mg/kg, 25,60704 mg/kg, 17,76623 mg/kg, 15,51163 mg/kg, 4,107533 mg/kg and 0,3024 mg/kg ). Dari perhitungan ANAVA diperoleh nilai F = 884,0918 dan F
= 3,1058 pada taraf kepercayaan 99% yang menunjukkan bahwa ada perbedaan sangat signifikan waktu perebusan terhadap kadar asam sianida. Dari Uji LSD pada taraf kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,6. Nilai dibandingkan dengan selisih kadar asam sianida tiap level perlakuan ini menunjukkan ada perbedaan signifikan kadar asam sianida antar level perlakuan terhadap kadar asam sianida.
Kata kunci : Buah Bunga Tanjung, Asam Sianida

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH WAKTU PEREBUSAN TERHADAP KADAR ASAM SIANIDA (HCN) PADA BUAH DARI BUNGA TANJUNG (Mimusops elengi.L)
Pengarang Nurul Hidayah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua