STUDI TENTANG PELAYANAN JASA PELABUHAN DI KANTOR ADMINISTRATOR PELABUHAN (ADPEL) SAMARINDA
ABSTRAK
Syarifuddin (2010), Studi Tentang Pelayanan Jasa Pelabuhan Di Kantor Administrator Pelabuhan Samarinda, dibimbing oleh Bapak Drs. Farhanuddin Jamanie, M.Si. dan Bapak Enos Paselle, S.Sos, MAP.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan jasa pelabuhan di kantor Administrator Pelabuhan (ADPEL) Samarinda serta mengetahui faktor yang menghambat kinerja pelayanan jasa pelabuhan dalam rangka proses pelayanannya.
Metode penelitian: jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, fokus penelitian terdiri dari enam indikator yaitu prosedur pelayanan, jenis pelayanan, kecepatan pelayanan, biaya pelayanan, dan kenyamanan serta keramahan pelayanan., jenis dan sumber data ialah data primer diperoleh dari informan yaitu pemakai jasa pelabuhan, sedangkan data sekunder dari dokumen-dokumen, arsip-arsip, serta laporan diperoleh dari Kantor Administrator Pelabuhan Samarinda., teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan analisis data kualitatif melalui data sekunder.
Hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara dengan pemakai jasa pelabuhan Samarinda, berkenaan aspek prosedur pelayanan dapat diterima tanpa ada keluhan yang berarti. Adapun jenis pelayanan tergantung sertifikat yang diajukan pemohon. Mengenai waktu pelayanan sangat berkaitan erat dengan biaya yang dikeluarkan, lambatnya waktu penyelesaian sertifikat yang berdampak pada keharusan perusahaan untuk melipatgandakan pembayaran dari biaya penerbitan resmi. Sementara aspek kenyamanan dan keramahan juga dianggap kurang, dengan tidak memadainya ruang tunggu, sedangkan keramahan petugas bergantung pada pendekatan yang dilakukan pemakai jasa. Faktor penghambatnya dari perspektif aparat (Administrator Pelabuhan), adalah kurangnya keterampilan dalam memanfaatkan fasilitas/peralatan yang berteknologi terkini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STUDI TENTANG PELAYANAN JASA PELABUHAN DI KANTOR ADMINISTRATOR PELABUHAN (ADPEL) SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SYARIFUDDIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2010 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY