Detail Cantuman Kembali
SRI RAHAYU - Personal Name

STUDI PENGAWASAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH DI DINAS PENDAPATAN KOTA BALIKPAPAN

RINGKASAN

SRI RAHAYU, Studi Pengawasan dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah di Dinas Pendapatan Kota Balikpapan. Di bimbing oleh Bapak Drs. Djumadi, M.Si., dan Bapak Saipul S.Sos., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak daerah di Kota Balikpapan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan keadaan subyek / obyek penelitian berdasarkan faktor-faktor yang tampak sebagaimana adanya dengan menggunakan analisis data persentase. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana pengawasan di Dinas Pendapatan Kota Balikpapan dilihat dari pengawasan langsung dan tidak langsung. Indikator dari pengawasan langsung terdiri dari inspeksi langsung, observasi di tempat, dan laporan di tempat. Indikator dari pengawasan tidak langsung terdiri laporan tertulis dan laporan tidak tertulis. Sedangkan indicator dari penerimaan pajak daerah terdiri dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan pajak reklame.
Dari hasil penelitian untuk indikator pengawasan langsung diperoleh persentase sebesar 77,69% atau termasuk dalam kategori baik. Untuk Indikator pengawasan tidak langsung diperoleh persentase sebesar 82,95% atau termasuk dalam kategori baik. Dan untuk indikator penerimaan pajak daerah selalu mengalami peningkatan dari tahun 2003 hingga 2005. Dari dua indikator pengawasan, yaitu pengawasan langsung dan tidak langsung diperoleh besar persentase 79,50% atau dapat disimpulkan bahwa pengawasan di Dinas Pendapatan Kota Balikpapan berjalan dengan baik. Maka dapat diketahui bahwa pengawasan di Dinas Pendapatan Kota Balikpapan dapat meningkatkan penerimaan pajak daerah kota Balikpapan, yaitu akibat adanya pengawasan yang baik, maka penerimaan pajak daerah pun selalu mengalami peningkatan, walaupun peningkatan penerimaan pajak daerah tersebut juga dipengaruhi oleh sumber-sumber pajak daerah itu sendiri. Sehingga amatlah penting bagi pimpinan untuk selalu melaksanakan dan melestarikan pengawasan terhadap bawahan di Dinas Pendapatan Kota Balikpapan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI PENGAWASAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH DI DINAS PENDAPATAN KOTA BALIKPAPAN
Pengarang SRI RAHAYU - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2007
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua