Detail Cantuman Kembali

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R)PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014

ABSTRAK
Hamdi, Ramadhaniati Fithria. 2014. Peningkatan Hasil Belajar MatematikaSiswa Melalui Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R)pada Pokok Bahasan Trigonometri di Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.Skripsi, pembimbing: (1)Dr. Azainil, M.Si dan (2) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan strategi pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Samarinda dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X-Ak3 yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian yaitu strategi pembelajaran PQ4R.
Teknik pengumpulan data dengan dokumen, tugas, tes, dan observasi. Dokumen berupa nilai ujian matematika semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 kelas X jurusan Akuntansi yang digunakan sebagai nilai dasar. Tugas berupa soal soal yang dikerjakan di kelas yang diberikan pada setiap pertemuan. Tes dilaksanakan setiap akhir siklus berupa tes tertulis yang berbentuk uraian. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan yang terdiri dari pengamatan aktivitas guru dan siswa menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta penilaian sikap dan keterampilan siswa melalui
daftar cek/skala penilaian yang disertai rubrik. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan yaitu dua kali proses pembelajaran dan satu kali tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada Siklus I, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat dari nilai dasar sebesar 54,88 menjadi 63,51 dengan persentase ketuntasan 41,18%. Pada Siklus II, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat dari nilai hasil belajar siklus I sebesar 63,51 menjadi 72,54 dengan persentase ketuntasan 70,59%. Pada Siklus III, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat dari nilai hasil belajar siklus II sebesar 72,54 menjadi 78,09 dengan persentase ketuntasan 85,29%. Pada siklus I sikap dan keterampilan siswa dinilai kurang, kemudian pada siklus II dan siklus III mengalami perbaikan menjadi lebih baik. Aktivitas guru pada siklus I tergolong
cukup, pada siklus II tergolong baik, dan pada siklus III tergolong sangat baik.
Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tergolong cukup, pada siklus II tergolong baik, dan pada siklus III tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2013/2014.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R)PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014
Pengarang RAMADHANIATI FITHRIA HAMDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua