Detail Cantuman Kembali
ROHMAN BUDI SETIAWAN - Personal Name

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN PADA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA

ABSTRAK
Rohman Budi Setiawan, 2015, Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Pada Kelas X di SMK Negeri 1 Samarinda. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda. Drs. Nanang Rijino, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Sudarman, S.Pd,M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pada kelas X di SMK Negeri 1 samarinda, 2. Untuk mengetahui buku teks prakarya dan kewirausahaan yang digunakan oleh guru di SMK Negeri 1 Samarinda sesuai dengan kurikulum atau sudah dimodifikasi, 3. Untuk mengetahui sarana dan prasarana penunjang pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Samarinda.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, triangulasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan : reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pada kelas X di SMK Negeri 1 Samarinda telah terlaksana dengan baik, dimana pelaksanaan pembelajaran pada kelas X di SMK Negeri 1 Samarinda telah menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud No. 60 Tahun 2014 dan telah dilaksanakan dan diimplementasikan sesuai dengan Permendikbud No. 81A tahun
2013. Sehingga pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik, dimana silabus dan buku panduan untuk guru dan siswa diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Ruang untuk pembelajaran secara teori telah tersedia dan telah memenuhi standar minimum sarana dan prasarana. Sedangkan kekurangan yang harus dilengkapi dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah ruang praktik yang belum tersedia, sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya proses pembelajaran praktik yang dilakukan guru dan siswa.
Saran yang didasarkan dari hasil penelitian ini yakni : Perlu diupayakan penyediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Samarinda terutama ruang praktik yang belum tersedia, ruang praktik sangat diperlukan untuk pembelajaran praktik supaya pembelajaran secara praktik dapat dilaksanakan secara maksimal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN PADA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA
Pengarang ROHMAN BUDI SETIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua