Detail Cantuman Kembali
Mutmainnah - Personal Name

MEMBANGUN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PERENCANAAN PEMBANGUNAN (Studi tentang Pelaksanaan Musyawarah/Rembug Warga di Kelurahan Tanjung Laut Indah Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang)

Penelitian ini mendeskripsikan tentang upaya Pemerintah dalam Membangun Partisipasi Masyarakat melalui Perencanaan Pembangunan yaitu melalui Musyawarah/Rembug Warga yang dilaksanakan di tingkat Rukun Tetangga (RT). Karya ilmiah ini berargumentasi bahwa dalam Membangun Partisipasi Masyarakat melalui Perencanaan Pembangunan semua yang berperan di dalamnya baik itu dari pemerintah maupun masyarakat saling ketergantungan dan saling mendukung satu sama lain.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam. Narasumber di pilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa nara sumber yang dipilih tersebut yang dianggap paling tahu tentang data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini, yaitu seluruh tim penyelenggara yang mendukung terlaksananya musyawarah/rembug warga yang terdiri dari unsur pemerintah kelurahan, unsur Pokja sehat kelurahan (LPM, LSM, Ketua RT, dan Tokoh masyarakat), yang seluruhnya berjumlah (9 Responden). Data-data yang didapatkan dilapangan dikumpulkan dan dianalisis dengan analisis kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah dalam upaya Membangun Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan yaitu melalui Musyawarah/Rembug Warga di tingkat RT, peran semua pihak yang terlibat baik pemerintah maupun stakeholder dalam masyarakat sangat penting. Penelusuran lebih jauh menemukan bahwa hal tersebut disebabkan karena semua peran tim penyelenggara yang telah di bentuk merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan terutama dalam mensosialisasikan kegiatan tersebut kepada masyarakat guna mendukung pelaksanaannya agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Walaupun dari pelaksanaannya terdapat kendala akan tetapi dalam pelaksanaannya dapat berjalan baik, semua tak lepas dari kerjasama serta koordinasi yang dilakukan baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya dilapangan.

Kata Kunci: Musyawarah/Rembug Warga, Perencanaan Pembangunan, Partisipasi
Masyarakat, Kelurahan Tanjung Laut Indah.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MEMBANGUN PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI PERENCANAAN PEMBANGUNAN (Studi tentang Pelaksanaan Musyawarah/Rembug Warga di Kelurahan Tanjung Laut Indah Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang)
Pengarang Mutmainnah - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua