Detail Cantuman Kembali
MEGA MERRISKA SARI - Personal Name

PENGEMBANGAN WISATA BUDAYA DI KABUPATEN KUTAI BARAT TINJAUAN TENTANG UPAYA PENGELOLAAN LAMIN EHENG DI KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT

RINGKASAN

PENGEMBANGAN WISATA BUDAYA DI KABUPATEN KUTAI BARAT (TINJAUAN TENTANG UPAYA PELESTARIAN LAMIN EHENG DI KABUPATEN KUTAI BARAT). Dibawah bimbingan DR. I Ketut Gunawan, M.A dan Drs. Daud Kondorura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Barat dan masyarakat di sekitar lamin dalam upaya melestarikan lamin Eheng di Kabupaten Kutai Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui kuisioner yang telah penulis angketkan kepada responden dan juga melalui wawancara dengan staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutai Barat, Koordinator pengurus lamin Eheng, dan masyarakat yang tinggal di sekitar lamin.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam Pengembangan Wisata Budaya di Kabupaten Kutai Barat dan Upaya Pelestarian Lamin Eheng mengalami beberapa hambatan antara lain kurangnya perhatian pemerintah dalam melestarikan Lamin Eheng sebagai salah satu ikon budaya dayak di Kutai Barat, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta pemberdayaan masyarakat di sekitar lamin. Pengelolaan Lamin Eheng yang dilakukan oleh masyarakat setempat dengan bekerjasama bersama pemerintah masih mengalami kendala dalam sektor pendanaan. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Kutai Barat kepada Lamin Eheng digunakan untuk merenovasi dan memperbaiki bagian-bagian yang sudah rapuh diantaranya seperti dilakukannnya penggantian kayu dinding Lamin Eheng yang sudah rapuh dengan yang baru, kemudian ditambah patung didepan pintu masuk dan penggantian atap serta lantai dasar Lamin dan bagian dapur Lamin Eheng.
Jika hal ini dapat dikembangkan maka diharapkan lamin adat khususnya Lamin Eheng dapat dijadikan salah satu komoditi pariwisata yang menguntungkan di Kutai Barat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN WISATA BUDAYA DI KABUPATEN KUTAI BARAT TINJAUAN TENTANG UPAYA PENGELOLAAN LAMIN EHENG DI KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang MEGA MERRISKA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua