Detail Cantuman Kembali
MASHURI - Personal Name

IDENTIFIKASI GAYA KEPEMIMPINAN KETUA DPRD KOTA SAMARINDA

ABSTRAK

Mashuri, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Konsentrasi Pemerintahan Integratif, Universitas Mulawarman. Judul penelitian adalah Identifikasi Gaya Kepemimpinan Ketua DPRD Kota Samarinda. Dalam proses penulisan dibimbing oleh Bapak Drs. H. Burhanuddin, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Drs. Djumadi, M.Si. sebagai Pembimbing II.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Ketua DPRD Kota Samarinda serta untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang paling dominan diterapkan oleh Ketua DPRD Kota Samarinda.
Operasionalisasi Variabel yang ditetapkan adalah gaya kepemimpinan direktif, gaya kepemimpinan konsultatif, gaya kepemimpinan partisipatif dan gaya kepemimpinan delegasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor DPRD Kota Samarinda dengan sampel seluruh anggota dewan yang berjumlah 44 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, kuesioner, penelitian dokumen, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh akan disajikan dan dianalisis dalam bentuk tabel frekuensi dan perhitungan persentase.
Adapun temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Ketua DPRD Kota Samarinda dalam menjalankan kepemimpinannya menerapkan keempat gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Gatto yakni gaya kepemimpinan direktif, konsultatif, partisipatif dan delegasi namun terdapat perbedaan-perbedaan intensitas dalam penerapan masing-masing gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan direktif dan gaya kepemimpinan konsultatif kurang dominan diterapkan oleh Ketua DPRD, gaya kepemimpinan delegasi cukup dominan diterapkan oleh Ketua DPRD, dan gaya kepemimpinan partisipatif yang paling dominan diterapkan oleh Ketua DPRD Kota samarinda.
Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Ketua DPRD Kota Samarinda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI GAYA KEPEMIMPINAN KETUA DPRD KOTA SAMARINDA
Pengarang MASHURI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua