Detail Cantuman Kembali
HAYATI HIDAYAH - Personal Name

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEPUNG TERIGU CITARASA BAKERY PADA PT KALTIM MULTI BOGA UTAMA (KMBU) DI BONTANG

ABSTRAK
Hayati Hidayah, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tepung Terigu Citarasa Bakery Pada PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU) Di Bontang”. Dibimbing Ibu Rr. Marliana W, SE., MM Selaku Pembimbing I dan Bapak Eko A. Widyanto, SE., M.SA Selaku Pembimbing II.
Citarasa Bakery pada PT KMBU merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan. Tepung terigu adalah bahan baku utama yang digunakan dalam memproduksi roti manis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengendalian persediaan bahan baku tepung terigu Citarasa Bakery pada PT KMBU dan untuk mengetahui selisih antara biaya persediaan menurut PT KMBU dan biaya persediaan bahan baku menurut perhitungan analisis pengendaliaan bahan baku.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penilitian lapangan, sedangkan alat analisis data yang digunakan penentuan besarnya Safety Stock, Perhitungan Quantity Pesanan menggunakan Economic Order Quantity (EOQ), Pemesanan kembali (ReOrder Point = ROP) dan menentukan total biaya minimum per tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui biaya pengendalian yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk bahan baku tepung terigu lebih besar dibandingkan dengan perhitungan menggunakan Economic Order Quantity (EOQ). persediaan apabila perusahaan menggunakan metode EOQ.
Berdasarkan penelitian ini, perusahaan dapat menentukan persediaan bahan baku tepung terigu yang paling ekonomis dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ).
Kata Kunci : Persediaan, EOQ (Economic Order Quantity), SS (Safety Stock), ROP (ReOrder Point), LT (Lead Time)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEPUNG TERIGU CITARASA BAKERY PADA PT KALTIM MULTI BOGA UTAMA (KMBU) DI BONTANG
Pengarang HAYATI HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua