Detail Cantuman Kembali
Annisa Satria Ananda - Personal Name

ANALISIS TERHADAP PENERAPAN AKAD QARD WAL IJARAH PADA PRODUK DANA TALANGAN HAJI DI BANK SYARIAH MANDIRI

Annisa Satria Ananda, Analisis terhadap penerapan Akad Qard Wal Ijarah pada produk dana talangan haji di Bank Syariah Mandiri, Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Dibawah Bimbingan Bapak Deny Slamet Pribadi, S.H., M.H dan Ibu Irma Suriyani, S.Ag., M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dari akad Qard Wal Ijarah yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri di dalam produk dana talangan haji serta untuk mengetahui akibat hukum yang ditimbulkan dari penggunaan akad tersebut terhadap nasabah yang tidak memenuhi kewajibannya dalam jangka waktu 1 tahun.
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai media evaluasi serta informasi dari penerapan sebuah akad pembiayaan yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif empiris, mengkolaborasikan antara penelitian yang berdasarkan tinjauan atas peraturan dan ketentuan yang ada, dengan penelitian lapangan guna mengumpulkan data.
Hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan dari akad yang digunakan pada Bank Syariah Mandiri di Samarinda, belum menerapkan prinsip syariah secara menyeluruh. Karena masih terdapat beberapa pasal di dalam akad tersebut yang tidak transparan dan berlaku tidak adil kepada nasabah serta masih mencampurkan antara ketentuan hukum perdata dan ketentuan hukum Islam dalam pembuatan sebuah akad pembiayaan, guna mengurangi risiko dan kerugian pada Bank.





Kata Kunci: Akad, Qard, Ijarah, Perjanjian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TERHADAP PENERAPAN AKAD QARD WAL IJARAH PADA PRODUK DANA TALANGAN HAJI DI BANK SYARIAH MANDIRI
Pengarang Annisa Satria Ananda - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua