Detail Cantuman Kembali
Annisa Rahmanila - Personal Name

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MENTORING TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik mentoring terhadap konsep diri siswa kelas X SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang berjumlah 176 siswa dengan sampel berjumlah 30 responden yang diambil secara purposive sampling dengan persyaratan siswa memiliki ciri perilaku konsep diri yang rendah dan pernah diberlakukan layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan menggunakan teknik mentoring. Teknik pengumpulan data menggunakan skala
konsep diri yang positif. Uji prasyarat pada penelitian ini yakni uji normalitas menggunakan bantuan rumus Kolmogorov-Smirnov. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji F. Kondisi awal sebelum Guru BK memberikan treatment dari hasil studi pendahuluan yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa AKPD nomor item 32 sebanyak 95 siswa memiliki konsep diri yang rendah. Hasil skor sebelum diberikan treatment nilai pretest yaitu 74,5. Setelah melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik mentoring posttest nilai rata – rata meningkat menjadi 89. Analisis data yang digunakan berupa angket dan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana yaitu 13.669 > 4,08 hal ini artinya Fhitung > Ftabel yang berarti bahwa Ha di terima dan H0 ditolak secara statistik nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) artinya terdapat pengaruh bimbingan kelompok tenik mentoring terhadap konsep diri siswa kelas X. Berdasarkan koefisien determinasi (Rsquare) diperoleh hasil kontribusi sebesar 0,669 artinya variabel independent layanan bimbingan kelompok memiliki 66% dan interpretasi r membuktikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik mentoring terhadap konsep diri siswa dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif pada konsep diri siswa kelas X setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik mentoring.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MENTORING TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024
Pengarang Annisa Rahmanila - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN p 2024
Subyek pengaruh
konsep diri
teknik mentoring
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan bimbingan dan konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua