PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING, E-RAPOR, DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH PENGGERAK SMP NEGERI KOTA SAMARINDA
Rizqi Amrullah. 2025. “Pengaruh Penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak SMP Negeri Kota Samarinda.” Tesis. Dosen Pembimbing I Dr. H. M. Masrur Yahya, M.Hum dan Dosen Pembimbing II Dr. Sudarman, M.Pd. Penggunaan teknologi di sekolah terus berkembang setiap saat, hal ini berdampak pada guru yang dituntut untuk mampu bersaing melalui berbagai upaya dan inovasi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara holistic, yang diawali dengan adanya pelatihan dan pendampingan khusus untuk meningkatkan kinerja guru, termasuk pemahaman akan teknologi informasi. Aplikasi E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar merupakan beberapa contoh program berbasis teknologi yang diluncurkan pemerintah untuk membantu meningkatkan kinerja guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar terhadap kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Metode yang digunakan adalah metode regresi linear berganda yang melibatkan lebih dari satu variabel bebas dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah penggerak angkatan pertama pada jenjang SMP yang ada di kota Samarinda. Dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 112 guru dari total populasi sebanyak 156 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan platform Merdeka Mengajar secara terpisah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda dengan nilai koefisien berturut-turut sebesar 0.363, 0.413, dan 0.206. Adapun penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan platform Merdeka Mengajar secara bersama-sama juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda, dengan hasil koefisien determinasi R Square sebesar 0,459 (45,9%). Dengan demikian penggunaan E-Learning, E-Rapor, dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara terpisah maupun bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di sekolah penggerak SMP Negeri Kota Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING, E-RAPOR, DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH PENGGERAK SMP NEGERI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Rizqi Amrullah - Personal Name |
No. Panggil | TESIS RIZ p 2025 |
Subyek | Kinerja Guru e-learning Platform Merdeka Mengajar E-Rapor |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY