PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR
Primasti, Yeni Dyan. 2025. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar.” Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Warman, M.Si., Pembimbing I dan Prof. Dr. Azainil, M. Si., Pembimbing II. Memasuki Era Digital saat ini, guru dituntut untuk memiliki kinerja yang tinggi serta mampu beradaptasi terhadap perubahan dan pembaharuan teknologi terutama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar yang ada di lingkungan Yayasan Pupuk Kaltim dan Yayasan Yabis dengan populasi penelitian sebanyak 145 orang dengan sampel penelitian sebanyak 107 orang. Perhitungan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala penilaian likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap penggunaan teknologi informasi, (2) pengembangan keprofesian berkelanjutan berpengaruh langsung terhadap penggunaan teknologi informasi, (3) gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan keprofesian berkelanjutan secara bersamasama berpengaruh langsung terhadap penggunaan teknologi informasi, (4) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (5) pengembangan keprofesian berkelanjutan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (6) penggunaan teknologi informasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (7) gaya kepemimpinan transformasional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penggunaan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (8) gaya kepemimpinan transformasional melalui penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru, dan (9) pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru. Dengan demikian gaya kepemimpinan transformasional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penggunaan teknologi informasi mempengaruhi kinerja guru, walaupun penggunaan teknologi informasi tidak dapat memediasi gaya kepemimpinan transformasional dan kinerja guru.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR |
---|---|
Pengarang | Yeni Dyan Primasti - Personal Name |
No. Panggil | THESIS YEN p 2025 |
Subyek | kinerja_guru analisis_jalur gaya_kepemimpinan kepemimpinan_transformasional pengembangan_keprofesian berkelanjutan penggunaan_teknologi informasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY