Detail Cantuman Kembali
Yeni Dyan Primasti - Personal Name

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR

Primasti, Yeni Dyan. 2025. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar.” Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Warman, M.Si., Pembimbing I dan Prof. Dr. Azainil, M. Si., Pembimbing II. Memasuki Era Digital saat ini, guru dituntut untuk memiliki kinerja yang tinggi serta mampu beradaptasi terhadap perubahan dan pembaharuan teknologi terutama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar yang ada di lingkungan Yayasan Pupuk Kaltim dan Yayasan Yabis dengan populasi penelitian sebanyak 145 orang dengan sampel penelitian sebanyak 107 orang. Perhitungan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala penilaian likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap penggunaan teknologi informasi, (2) pengembangan keprofesian berkelanjutan berpengaruh langsung terhadap penggunaan teknologi informasi, (3) gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan keprofesian berkelanjutan secara bersamasama berpengaruh langsung terhadap penggunaan teknologi informasi, (4) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (5) pengembangan keprofesian berkelanjutan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (6) penggunaan teknologi informasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (7) gaya kepemimpinan transformasional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penggunaan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh langsung terhadap kinerja guru, (8) gaya kepemimpinan transformasional melalui penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru, dan (9) pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru. Dengan demikian gaya kepemimpinan transformasional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penggunaan teknologi informasi mempengaruhi kinerja guru, walaupun penggunaan teknologi informasi tidak dapat memediasi gaya kepemimpinan transformasional dan kinerja guru.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR
Pengarang Yeni Dyan Primasti - Personal Name
No. Panggil THESIS YEN p 2025
Subyek kinerja_guru
analisis_jalur
gaya_kepemimpinan
kepemimpinan_transformasional
pengembangan_keprofesian berkelanjutan
penggunaan_teknologi informasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua