Detail Cantuman Kembali
Nashrulloh Al Ghifari - Personal Name

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 21 SAMARINDA

Nashrulloh Al Ghifari, 2025. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 21 Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Nurjamal, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Hendry Ismawan, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 21 Samarinda. Untuk mengetahui dampak penerapan model PBL terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif, populasi dalam penelitian ini Guru Pendidikan Jasmani dan peserta didik kelas VII, VIII, dan IX, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini 3 Guru Pendidikan Jasmani dan 10 peserta didik dari setiap jenjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelian ini yaitu observasi, catatan lapangan, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis penelitian kualitatif yang melibatkan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam menerapkan model PBL antara lain peran Guru, motivasi peserta didik, kesiapan peserta didik, sarana dan prasarana serta dukungan sekolah. Selain itu, penerapan model PBL memiliki dampak positif pada prestasi belajar peserta didik terhadap materi, kemampuan memecahkan masalah, dan kerjasama tim. Secara keseluruhan, penerapan model Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 21 Samarinda telah berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, baik dari segi peningkatan keterampilan akademik maupun pengembangan karakter peserta didik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 21 SAMARINDA
Pengarang Nashrulloh Al Ghifari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAS a 2025
Subyek Problem Based Learning (PBL)
Pendidikan Jasmani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Jasmani
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua