PERAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BATU PUTIH KABUPATEN BERAU
Gilang Erhamsyah, Penelitian ini Berjudul Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Batu PutihKabupatenBeraumengetahuidanmendeskripsikan peran kepemimpinan Camat Dalam Pelayanan Publik di kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau. Di bawah bimbingan Daryono, S.Sos., M.Si, Ph.D. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambatnya dalam pelaksanaan pelayanan publik di kantor kecamatan Batu Putih. Jenis penelitian adalah Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Analisis mengacu pada teori peran kepemimpinan dalam pengawasan kerja, komunikasi, pemberian motivasi, pengambilan keputusan, serta faktor-faktor penghambat pelayanan publik di Kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan Camat di kecamatan Batu Putih dalam Upaya meningkatkan pelayanan publik dapat dibedakan beberapa macam yaitu: pengawasan kerja Pengawasan kerja sudah baik. Cara Komunikasi yang dijalin antara camat dan staf serta pemerintahan desa di kecamatan Batu Putih baik, Pemberian Motivasi di kecamatan melalui Kepala Camat baik. Pengambilan Keputusan yang dilakukan kepala Camat Batu Putih cukup Namun, birokrasi yang kompleks masih menjadi kendala, sehingga diperlukan reformasi prosedural untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pelayanan. Adapun Faktor-faktor yang mendorong peningkatan pelayanan publik di kecamatan Batu Putih antara lain : Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Respon Masyarakat terhadap Pemerintah, Pemahaman masyarakat Mengenai Jam pelayanan kantor Kecamatan Batu putih dan Pemerataan Jaringan Internet.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BATU PUTIH KABUPATEN BERAU |
---|---|
Pengarang | GILANG ERHAMSYAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI GIL p 2024 |
Subyek | Motivasi Pengawasan kepemimpinan Komunikasi Pelayanan Publik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY