PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA DITINJAU DARI GENDER PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BONTANG
Novita, Rahayu. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based LearningBerbasis Diferensiasi Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita Ditinjau dari Gender Peserta DidikSMP Negeri 3 Bontang.” Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Susilo, M. Pd. Selaku Pembimbing I dan Prof. Dr. Azainil, M. Pd. Selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka yang mengedepankan strategi berdiferensiasi sebagai bentuk pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbasis diferensiasi, sementara kelas kontrol menggunakan model Direct Learning. Pengujian data dilakukan menggunakan uji Kruskal-Wallis dan U-Mann Whitney.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar menulis teks berita berdasarkan gender,dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ( 0,05). Temuan ini mengindikasi bahwa gender dan jenis gaya belajar tertentu berpengaruh terhadap hasil belajar menulis teks berita. Meskipun demikian, tidak semua kombinasi gaya belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini menguatkan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang responsif terhadap keragaman karakteristik peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Diferensiasi, Hasil Belajar, Gender,Gaya Belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA DITINJAU DARI GENDER PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BONTANG |
---|---|
Pengarang | Rahayu Novita - Personal Name |
No. Panggil | THESIS RAH p 2025 |
Subyek | Problem Based Learning Gender Difference Pembelajaran Berdiferensiasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY