STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS TRIDHARMA PLUS SAMARINDA
Dwiana Susantika Alviani, 2024 Strategi Guru Dalam Pembelajaran Bermain Peran Untuk Penanaman nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Malpaleni Satriana, M.Pd. Selaku pembimbing I, dan Rury Muslifar, S.Pd, M.Pd. Selaku pembimbing II Strategi pembelajaran merencanakan pembelajaran berisi tentang rangkaian kegiatan yang harus dilakukan guru. Bermain peran (role playing) adalah salah satu proses belajar yang tergolong dalam metode simulasi, dilakukan dengan cara mengarahkan anak untuk lebih kreatif dalam menirukan berbagai situasi, maupun karakter khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran bermain peran untuk penanaman nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Tridharma plus samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif jenis penelitian deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data yang di gunakan oleh (miles dan hubermen). Berdasarkan hasil penelitian dengan bermain peran penelitian mampu menemukan penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Tridharma Plus Samarinda yang berkembang sangat pesat, dari anak yang tidak percaya diri sampai kini mampu menjadi percaya diri, tidak malu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS TRIDHARMA PLUS SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Dwiana Susantika Alviani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DWI s 2025 |
Subyek | Strategi Guru Bermain Peran Nilai-Nilai Karakter Anak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY