PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL Nama : Bening Anggraeni NIM : 2005036012 Pembimbing : 1. Dr. Zeni Haryanto, M.Pd 2. Shelly Efwinda, M.Pd ABSTRAK Fisika merupakan cabang ilmu yang mendasari perkembangan teknologi dan memiliki banyak konsep abstrak yang sering kali sulit dipahami oleh siswa. Salah satu topik yang kompleks adalah pemanasan global, yang melibatkan pemahaman terhadap berbagai prinsip fisika. Untuk membantu pemahaman, diperlukan media pembelajaran interaktif seperti Augmented Reality (AR) yang menyajikan materi secara dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran AR pada materi pemanasan global, menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Validasi dilakukan oleh lima validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 1 pendidik. Adapun uji coba produk melibatkan 40 siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat kelayakan 87%, dengan aspek media 86% dan aspek materi 88%, keduanya dalam kategori layak. Respon siswa juga sangat baik dengan prsentase 90%. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR dinilai layak dalam mendukung proses pembelajaran fisika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL |
---|---|
Pengarang | Bening Anggraeni - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI BEN p 2025 |
Subyek | Augmented Reality Media Pembelajaran ADDIE Respon Siswa Uji Kelayakan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY