Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Perilaku untuk Menggunakan melalui Sikap Penggunaan pada Layanan Insurtech Marketplace Shopee di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman
Perkembangan insurtech, seperti proteksi kerusakan produk pada marketplace Shopee merupakan inovasi yang relevan bagi generasi Z termasuk mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman dengan menyediakan perlindungan produk yang efisien dan mudah diakses. Meskipun sebagian besar mahasiswa merasakan manfaat dan kemudahan layanan ini serta menunjukkan sikap positif terhadap penggunaannya, terdapat sebagian mahasiswa yang tidak memiliki niat untuk menggunakannya kembali pada pembelian berikutnya. Fenomena ini tidak sejalan dengan teori Technology Acceptance Model (TAM), yang menyatakan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use memengaruhi behavioral intention to use melalui attitude toward using. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna layanan insurtech marketplace Shopee di kalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman angkatan 2021, 2022, dan 2023 yang sudah pernah menggunakan layanan insurtech marketplace Shopee sebanyak 104 mahasiswa, terdiri dari 30 mahasiswa angkatan 2021, 25 Mahasiswa angkatan 2022, dan 49 Mahasiswa angkatan 2023. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner, menganalisis data menggunakan program STATA versi 13. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kegunaan tidak berpengaruh langsung secara parsial terhadap niat perilaku untuk menggunakan use pada layanan insurtech marketplace Shopee di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi universitas mulawarman. Persepsi kemudahaan dan sikap penggunaan berpengaruh langsung secara parsial terhadap niat perilaku untuk menggunakan pada layanan insurtech marketplace Shopee di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi universitas mulawarman. Persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh langsung secara parsial terhadap sikap penggunaan pada layanan insurtech marketplace Shopee di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi universitas mulawarman. Sedangkan persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh tidak langsung secara parsial terhadap niat perilaku untuk menggunakan melalui sikap penggunaan pada layanan insurtech marketplace Shopee di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi universitas mulawarman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Perilaku untuk Menggunakan melalui Sikap Penggunaan pada Layanan Insurtech Marketplace Shopee di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman |
---|---|
Pengarang | Ida Lestari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IDA p 21025 |
Subyek | Shopee Technology Acceptance Model (TAM) Analisis Jalur insurtech proteksi kerusakan produk |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY