HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) 7P DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SIAGA AL-MUNAWWARAH SAMARINDA TAHUN 2024
Persaingan dalam industri layanan kesehatan semakin ketat, sehingga rumah sakit perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan loyalitas pasien. Rumah Sakit Siaga Al-Munawwarah Samarinda (RS SAMS) sebagai salah satu rumah sakit swasta di Samarinda perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien, salah satunya melalui bauran pemasaran (marketing mix) 7P. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Siaga Al-Munawwarah Samarinda (RS SAMS). Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain crosssectional. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Chi-Square. Hasil analisis bivariat pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan product (p=0,000), price (p=0,001), place (p=0,000), promotion (p=0,000), people (p=0,000), process (p=0,000), dan physical evidence (p=0,000) dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Siaga Al-Munawwarah Samarinda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Siaga Al-Munawwarah Samarinda. Saran bagi rumah sakit yaitu peningkatan kualitas layanan melalui fasilitas medis dan tenaga spesialis, penguatan akses informasi melalui media sosial dan brosur, penyesuaian harga tanpa mengurangi kualitas, pengembangan promosi digital, penambahan petunjuk di area strategis, pelatihan tenaga medis dan non-medis, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan fasilitas rumah sakit. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain dan memperluas penelitian ke sektor kesehatan lainnya. Pendekatan mix method juga dapat digunakan untuk pemahaman yang lebih komprehensif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) 7P DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SIAGA AL-MUNAWWARAH SAMARINDA TAHUN 2024 |
---|---|
Pengarang | Nabila Jihan Yusrina - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NAB h 2025 |
Subyek | Rumah sakit Layanan kesehatan Loyalitas Pasien Bauran Pemasaran 7P |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Kesehatan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY