ANALISIS STRATEGI BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOOLU BURGER SAMARINDA
Hoolu Burger Samarinda merupakan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang usaha makanan cepat saji bergaya Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran promosi yang diimplementasikan oleh Hoolu Burger serta untuk mengetahui bagian strategi bauran promosi yang diterapkan dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Key Informant dan didukung oleh data sekunder yaitu diantaranya data keuangan, buku, e-journal, website, serta dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif.
Hasil penelitian kualitatif yang didapatkan adalah Hoolu Burger mengimplementasikan Strategi Bauran Promosi dengan menggunakan delapan indikator Bauran Promosi yaitu: 1) Strategi Periklanan yang dilakukan adalah dengan menggunakan media sosial Instagram dalam beriklan, 2) Strategi Promosi Penjualan menggunakan strategi diskon kuantitas dan diskon berperiode, 3) Strategi Acara dan Pengalaman yang dilakukan adalah ikut berpartisipasi sebagai food partner di berbagai acara festival dan musik, 4) Strategi Hubungan Masyarakat dan Publisitas dengan menggunakan fitur story Instagram yaitu fitur Quiz, fitur Question Box, fitur Polling, dan repost story, 5) Strategi Pemasaran Daring dengan menggunakan fitur utama Instagram yaitu Feeds, Reels, dan Story, 6) Strategi Pemasaran Selular tidak dilakukan karena keterbatasan sistem dalam menghimpun data konsumen, 7) Strategi Penjualan Perorangan dengan menggunakan metode persuasif ke konsumen secara tatap muka, dan 8) Strategi Pemasaran Langsung tidak diimplentasikan. Saran Penulis untuk pemilik usaha adalah memperluas promosi daring dengan menggunakan media sosial TikTok, sedangkan untuk strategi pemasaran seluler disarankan bekerja sama dengan penyedia layanan selular atau Dinas Komunikasi dan Informatika untuk menyebarkan SMS blast, dan yang terakhir yaitu strategi pemasaran langsung, penulis menyarankan memproromosikan secara langsung ke komunitas-komunitas tertentu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS STRATEGI BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOOLU BURGER SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Fachrial Azmi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAC a 2024 |
Subyek | Pemasaran Bauran Promosi MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY