MANAGEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD DAERAH TERTINGGAL, TERDEPAN DAN TERLUAR KABUPATEN BERAU
AGUS PURWO UTOMO. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sd Daerah Tertinggal, Terdepan, Dan Terluar Kabupaten Berau. Dibimbing oleh: Dr. H. Akhmad, M.Kes. sebagai Pembimbing I, dan Dr. H. Haeruddin, M.Si. sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar (SD) daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) Kabupaten Berau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan pemeriksa keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah SD di daerah 3T. dalam peningkatan kinerja guru adalah dengan a) identifikasi kebutuhan guru, b) penyusunan program pengembangan guru, c) penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, dan d) penyusunan target serta evaluasi kinerja guru. Pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala sekolah SD di daerah 3T dalam peningkatan kinerja guru adalah dengan prinsip manajemen yang efektif yaitu a) pembagian tugas yang jelas, b) mendorong kolaborasi dan komunikasi antar guru. Pelaksanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru adalah dengan adanya kegiatan pelatihan, workshop mentoring antar guru, pemanfaatan komunitas belajar, serta evaluasi berbasis umpan balik dari siswa dan orang tua. Selain itu, kepala sekolah juga mengoptimalkan sumber daya yang tersedia melalui kerja sama dengan komunitas pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya. Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru adalah dengan observasi kelas secara berkala, mengevaluasi kinerja guru, menindak lanjuti hasil evaluasi dan memberikan pembinaan. secara umum dapat disimpulkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SD di daerah terpencil telah sesuai dengan teori – teori mana jemen yang berlaku. Kata Kunci: Manajemen, Kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru, daerah 3T.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MANAGEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD DAERAH TERTINGGAL, TERDEPAN DAN TERLUAR KABUPATEN BERAU |
---|---|
Pengarang | AGUS PURWO UTOMO - Personal Name |
No. Panggil | THESIS AGU m 2025 |
Subyek | Kinerja Guru kepemimpinan Manajemen Kepala Sekolah daerah 3T |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY