PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 SAMARINDA
Penelitian ini membahas mengenai Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 6 Samarinda yang memiliki beberapa tujuan yaitu; untuk mengetahui peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap pembelajaran sejarah bagi peserta didik di SMA Negeri 6 Samarinda, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 6 Samarinda. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif berfokus pada pengumpulan data kualitatif seperti kata-kata, gambar, perilaku, dan dokumen, dengan tujuan untuk menggambarkan dan memahami fenomena yang terjadi secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi (pengamatan atau pencatatan), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan berupa pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru penggerak dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka terhadap pembelajaran sejarah terdapat beberapa tahapan. Tahap pertama, perencanaan pembelajaran, kedua pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara berdiferensiasi, dan ketiga melakukan evaluasi, selain itu guru penggerak berbagi praktik baik pada forum-forum pendidikan, menjalin kolaborasi antar guru dengan tujuan meningkatkan minat belajar peserta didik, dan mewujudkan kepemimpinan peserta didik dengan memberikan tanggung jawab kepada peserta didik untuk memimpim kelompok. Dalam menjalankan perannya guru penggerak juga menghadapi berbagai kendala diantaranya; kesulitan mencapai tujuan pembelajaran, kesulitan untuk beriovasi, sarana dan prasarana yang belum memadai, tingginya ketergantungan terhadap teknologi, dan kurangnya biaya yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Fitriani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIT p 2025 |
Subyek | pembelajaran sejarah Kurikulum Merdeka guru penggerak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Sejarah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY