MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU POLITIK PEMUDA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI KOTA SAMARINDA
Pemuda merupakan kelompok yang signifikan dalam pemilihan umum tahun 2024, dan media sosial berperan penting dalam membentuk perilaku politik pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku politik pemuda pada pemilihan umum tahun 2024 di kota samarinda. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode wawancara mendalam terhadap 18 informan, yang terdiri dari pemuda kota samarinda yang memiliki rentan usia 17-30 tahun. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa media sosial memiliki peran besar dalam membentuk pandangan politik pemuda melalui paparan informasi di media sosial. Namun tidak semua informasi yang disampaikan dapat membentuk keyakinan politik pemuda karena faktor seperti literasi digital dan bias informasi turut mempengaruhi proses pegambilan keputusan pemuda. Selain itu persepsi pemuda terhadap kandidat dan kebijakan yang ditawarkan serigkali dipengaruhi oleh algoritma media sosial yang menyajikan informasi sesuai preferensi pegguna. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun media sosial memiliki pengaruh besar dalam membentuk perilaku politik pemuda, faktor kritis lainnya juga seperti keterampilan berpikir kritis dan kepercayaan terhadap sistem politik juga berperang penting pada perilaku politik pemuda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU POLITIK PEMUDA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 DI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Mahqfirah Hamdany - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAH m 2024 |
Subyek | Pemuda Pemilihan Umum MEDIA SOSIAL kota samarinda Perilaku Politik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | S1 pemerintahan integratif |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY