IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SMP NEGERI 24 SAMARINDA
Nur Aini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univeritas Mulawarman, Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Karakter Gotong Royong siswa di SMP Negeri 24 Samarinda. Di bawah bimbingan IbuNovita Majid, M.Pd selaku Pembimbing I. Tujuan penelitian ini yaitu guna untuk mengetahui pengimplementasian Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa. Dan apa yang menjadi faktor penghambat dalam pengimplementasian Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa, serta upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendalam dalam pengimplementasian Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Samarinda pada bulan September 2024- November 2024. Subjek penelitian ini ialah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru PPKn, dan siswa-siswi dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa,SMP Negeri 24 Samarinda telah mengimplementasikan, Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan baik dan maksimal. Dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa guru tidak hanya membentuk siswa menjadi sebuah kelompok diskusi, tetapi memberikan penguatanpenguatan yang sekiranya dapat membantu siswa dan dalam pengimplementasian didalam kehidupan siswa langsung merasakan diekstrakurikuler pramuka dengan berbagai kegiatan yaitu memasang tenda, memasak, dan membersihkan lingkungan sekitar. kendala yang dihadapi kendala internal dan eksternal, kendala internal yang berasal dari siswa, yang dimana kepribadian siswa yang berbeda-beda dan ada beberapa siswa yang malas, kendala eksternal yang berasal dari sekolah yaitu pemahaman guru yang masih kurang terkait bagaimana mengintegrasikan Penguatan profil Pelajar Pancasila, keluargga masih minim dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila khususnya karakter gotong royong dan masyarakat yang kurang partisipasi. Mengatasi kendala yang dihadapi dilakukan beberapa upaya, memberikan pelatiahan bagi guru, kedua Pengimplementasian kurikulum yang dimana dengan mengintegrasikan kurikulum dengan baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SMP NEGERI 24 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NUR AINI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR i 2025 |
Subyek | Implementasi Profil Pelajar Pancasila Penguatan Karakter Gotong Royong |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY