PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMA ISTIQAMAH MUHAMMADIYAH SAMARINDA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Penelitian ini dilakukan dari hasil observasi dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia bahwa para peserta didik kelas X SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda masih belum memahami struktur dan kaidah kebahasaan dalam menulis teks laporan hasil observasi menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan guru dalam empat tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Istiqamah Muhammadiyah Samarinda dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hasil yang didapatkan dari nilai dasar prasiklus adalah 60,21 dengan persentase siswa yang mendapat nilai tuntas adalah sebesar 13%, pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan strategi Think Pair Share menghasilkan peningkatan dengan nilai rata-rata 70,86%, dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 60%. Pelaksanaan siklus II juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 81% dengan persentase ketuntasan mencapai 95% dengan kriteria sangat baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMA ISTIQAMAH MUHAMMADIYAH SAMARINDA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD DIRHAM - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2025 |
Subyek | Think Pair Share Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY