ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN IPA
DANA merupakan platform yang dirancang untuk membuat transaksi dapat dilakukan secara non tunai dan cepat secara online. Aplikasi DANA menawarkan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan aktivitas transaksi pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANA dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA). Metode EUCS digunakan sebagai dasar pengukuran tingkat kepuasan dengan lima variabel yang terdiri dari Content (isi), Accuracy (akurasi), Format (tampilan), Ease of Use (kemudahan penggunaan) dan Timeliness (ketepatan waktu). Kemudian metode IPA digunakan untuk mengidentifikasi kesesuaian antara harapan dan kinerja aplikasi. Pengumpulan data pada penelitian ini dikumpulkan dari 100 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi DANA di Kota Samarinda. Responden dipilih melalui teknik random sampling dan menggunakan kuesioner yang berbasis skala likert dan diolah menggunakan SPSS versi 30.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pengguna sebesar 4.08, yang termasuk kategori “Puas”. Variabel Ease of Use memiliki skor tertinggi 4.19, sedangkan Accuracy memiliki skor terendah 3.85. Analisis tingkat kesesuaian menunjukkan rata-rata keseluruhan sebesar 98%. Berdasarkan kriteria, hasil ini termasuk
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN IPA |
---|---|
Pengarang | Asrina Nur Syahbani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ASR a 2024 |
Subyek | Kepuasan Pengguna Importance Performance Analysis (IPA) Dana , End User Computing Satisfaction (EUCS), |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | INFORMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY