EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA PLUS MELATI SAMARINDA
RUDIN LAPANDEWA. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Plus Melati Samarinda (dibimbing oleh Zeni Haryanto dan Effendi Limbong)
Penelitian ini bertujuan menguraikan (1) upaya efektif guru dalam menggunakan media google classroom di SMA Plus Melati, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media google classroom di SMA Plus Melati. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah di Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan mewawancarai enam informan. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan cara (1) data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen yang relevan, (2) data direduksi, (3) data disajikan, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring dengan google classroom sudah cukup efektif dengan syarat indikator efektif pembelajaran harus terpenuhi yakni interaksi yang komunikatif, pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, respon aktif peserta didik, aktifitas belajar guru dan pencapaian hasil pembelajaran. Selain indikator efektif dalam pembelajaran harus terpenuhi, faktor pendukung lain yang harus diperhatikan adalah adanya izin kepala sekolah, adanya media dan aplikasi pembelajaran daring, fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dan ketersediaan listrik. Selain faktor pendukung, peneliti juga menemukan faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran daring yaitu terbatasnya jaringan dan kuota peserta didik, orang tua tidak berperan dalam memberikan pengawasan kepada anaknya yang sedang belajar, kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring, kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring serta keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi pelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA PLUS MELATI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | RUDIN LAPANDEWA - Personal Name |
No. Panggil | THESIS RUD e 2023 |
Subyek | faktor penghambat Media google classroom faktor pendukung |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY