Detail Cantuman Kembali
Mardianto Tandi Ramma - Personal Name

PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS V SD MENGGUNAKAN METODE ADDIE

Media pembelajaran adalah alat untuk menyampaikan materi secara sistematis, membantu siswa belajar lebih cepat dan efisien. Augmented Reality (AR) menggabungkan dunia nyata dan virtual secara interaktif, menghadirkan animasi 3D yang terus berkembang dan menjadi inovasi penting dalam dunia pendidikan (Albab & Cahyana, 2024). Penelitian di SDN 001 Samarinda Ulu menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman dan perhatian rendah terhadap materi, yang secara langsung memengaruhi kualitas pembelajaran dan hasil belajar mereka. Aplikasi berbasis AR ini dirancang menggunakan metode ADDIE, dengan pengujian Blackbox memastikan fungsi fitur berjalan dengan baik, sementara pengujian Usability dari 23 responden menunjukkan skor 96% untuk kesan awal, 91,1% untuk fitur AR, dan 89,4% untuk navigasi. Hasil ini menempatkan aplikasi dalam kategori "sangat baik" sebagai media pembelajaran yang interaktif, efektif, dan menarik bagi siswa. Penelitian telah dilakukan terkait penyesuaian dan implementasi dari judul pengembangan aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas V SD dengan menggunakan metode ADDIE.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS V SD MENGGUNAKAN METODE ADDIE
Pengarang Mardianto Tandi Ramma - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR p 2025
Subyek usability
Media Pembelajaran,
ADDIE,
Augmented Reality,
Blackbox,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua