Detail Cantuman Kembali
Basuni - Personal Name

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 TENGGARONG

BASUNI. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tenggarong Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, dibimbing oleh Prof.Dr. Laili Komariyah, M.Si dan Prof. Dr. Nurlali, M.P, M.Si. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan metode. Temuan penelitian mengungkap bahwa 1) perencanaan kepemimpinan kepala sekolah melalui identifikasi komprehensif kebutuhan pengembangan profesional guru, perancangan program pelatihan berkelanjutan yang relevan, penyediaan sumber daya dan infrastruktur yang mendukung inovasi pembelajaran, serta formulasi target kinerja yang terukur dan sistem evaluasi yang transparan 2) pengorganisasian kepemimpinan kepala sekolah dicerminkan melalui penerapan prinsip-prinsip manajemen kolaboratif, termasuk pembagian tugas yang jelas dan akuntabel, pembentukan tim pengawas dan mentor yang kompeten, serta fasilitasi komunikasi yang efektif dan kolaborasi sinergis antar guru, 3) pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah diimplementasikan melalui penyelenggaraan pelatihan intensif, workshop aplikatif, coaching clinic yang personal, dan adopsi model pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk memacu kreativitas dan penguasaan teknologi guru, 4) pengawasan kepemimpinan kepala sekolah dilaksanakan melalui supervisi klinis yang berfokus pada pengembangan, evaluasi formatif kinerja guru, tindak lanjut hasil evaluasi yang konstruktif, dan program pembinaan individual yang berkelanjutan. Secara komprehensif, manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong telah diimplementasikan secara efektif dan konsisten dengan prinsip-prinsip manajemen pendidikan modern. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 TENGGARONG
Pengarang Basuni - Personal Name
No. Panggil TESIS BAS m 2025
Subyek Kinerja Guru
kepemimpinan
Manajemen
Kepala Sekolah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Magister Manajemen Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua