MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 TENGGARONG
BASUNI. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tenggarong Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, dibimbing oleh Prof.Dr. Laili Komariyah, M.Si dan Prof. Dr. Nurlali, M.P, M.Si. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan metode. Temuan penelitian mengungkap bahwa 1) perencanaan kepemimpinan kepala sekolah melalui identifikasi komprehensif kebutuhan pengembangan profesional guru, perancangan program pelatihan berkelanjutan yang relevan, penyediaan sumber daya dan infrastruktur yang mendukung inovasi pembelajaran, serta formulasi target kinerja yang terukur dan sistem evaluasi yang transparan 2) pengorganisasian kepemimpinan kepala sekolah dicerminkan melalui penerapan prinsip-prinsip manajemen kolaboratif, termasuk pembagian tugas yang jelas dan akuntabel, pembentukan tim pengawas dan mentor yang kompeten, serta fasilitasi komunikasi yang efektif dan kolaborasi sinergis antar guru, 3) pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah diimplementasikan melalui penyelenggaraan pelatihan intensif, workshop aplikatif, coaching clinic yang personal, dan adopsi model pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk memacu kreativitas dan penguasaan teknologi guru, 4) pengawasan kepemimpinan kepala sekolah dilaksanakan melalui supervisi klinis yang berfokus pada pengembangan, evaluasi formatif kinerja guru, tindak lanjut hasil evaluasi yang konstruktif, dan program pembinaan individual yang berkelanjutan. Secara komprehensif, manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong telah diimplementasikan secara efektif dan konsisten dengan prinsip-prinsip manajemen pendidikan modern. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 TENGGARONG |
---|---|
Pengarang | Basuni - Personal Name |
No. Panggil | TESIS BAS m 2025 |
Subyek | Kinerja Guru kepemimpinan Manajemen Kepala Sekolah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY